Manfaat Teknologi bagi Kehidupan

| Senin, 23 September 2013
Sebenarnya manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari itu apa sih? 


Banyak sekali yang dapat diperoleh manfaat dari mempelajari TIK, di zaman sekarang tidak bias lepas dari Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi yang semakin cangging memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang dekat disekitar kita, luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Semua bias kita lakukan berkat hadirnya TIK dengan harga yang murah, cepat dan efisien. Kita bisa saling bertukar informasi dengan orang-orang yang tersebar diseluruh dunia dengan cepat dan efisien.
Berbagai kebutuhan langsung kita dapat peroleh tanpa harus susah-susah mencari di pasar atau mall-mall, dengan hadirnya TIK yang pemesanan barang bisa dengan online sehingga lebih praktis dan efisien. Kita bisa mendapatkan barang yang kita ingihnkan dengan cara searching di internet yang semua barang bisa kita temukan sehingga lebih cepat dan efisien.
TIK juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran, kita bisa belajar dengan cepat dan media yang efektifdan efisien menggunakan teknologi. Contohnya dalam pembelajaran di kelas kita menggunakan viewer dan laptop sehinnga mempermudah pembelajaran didalam kelas, dan anak akan merasa lebih tertarik pembelajaran dengan cara hal seperti itu. Di zaman yang canggih, sekarang banyak pembelajaran multimedia yang secara praktis lebih mudah dipelajari dan lebih efektif dan efisien. Misalnya, Al-Qura’an elektronik. Bagi pemula bisa belajar mengaji tanpa bimbingan seseorang sudah bisa belajar berkat adanya al-Qur’an elektronik. Banyak contoh lainnya pembelajaran melalui multimedia dengan berbentuk video atau audio.
Dengan hadirnya TIK, manfaat yang paling dirasakan yaitu mempermudah pengerjaan tugas, kita bisa mencari informasi atau referensi dari internet sehingga lebih efektif dan efisien. Selain itu, dalam pengumpulan tugas tidak banyak mengeluarkan banyak kertas untuk mengeprintnya, adanya TIK bisa dengan mengirimkan tugas via e-mail atau dengan keping CD atau alat lainnya yang tidak menggunakan kertas, yang dirasa lebih efektif dan efisien.
Dalam dunia pendidikan manfaat adanya TIK yaitu memudahkan guru untuk mencatat nilai siswa. Guru bisa mencatat dalam nilai siswa, dan langsung menghitung rata-rata, nilai tertinggi dan nilai terendah, short dari nilai tertinggi sampai nilai terendah, sehingga dapat langsung diketahuiperingkat pertama sampai peringkat terakhir. Tentunya ini lebih mudah pekerjaan guru, lebih efektif dan efisien.
Dengan adanya TIK tidak hanya bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan melalui online, namun di zaman sekarang hampir semua menggunan system onlineseperti pemesanan tiket dan sebagainya. Mungkin hanya itu manfaat TIK yang dirasakan dalamkehidupan sehari-hari, namun jika kita telaah lebih jauh begitu banyak manfaat dari TIK dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Next
Diberdayakan oleh Blogger.
▲Top▲